Service Ekselen : mengubah kelemahan menjadi strong point
TIDAK ada yang perlu disesali dalam hidup ini. Setiap ada kesulitan, di situ ada jalan keluar. Prinsip ini diterapkan manajemen Hotel Dinasti Makassar. Berbagai kelemahan yang ada tidak membuat mereka berputus asa.
“Kalau mau jujur, hotel kami berada di lokasi terpencil. Itu kelemahan. Tetapi, jangan kelemahan itu membunuh motivasi,” kata HE Keintje, General Manager Hotel Dinasti Makassar.
Justru, katanya, kelemahan tersebut bisa dijadikan strong point. Kelemahan dari segi lokasi, misalnya, ditutupi dengan pelayanan prima seperti layaknya hotel berbintang tiga lainnya. Bahkan, Dinasti berusaha memberikan layanan spesial.
Tidak heran, meski lokasinya cenderung tersembunyi, tingkat okupansinya meningkat signifikan. Dalam dua bulan terakhir ini, misalnya, tingkat hunian mencapai 75 persen. Ini tergolong menggembirakan.
Kunci keberhasilan menjaga eksistensi itu adalah komitmen, kerja keras, dan kedisiplinan semua bagian di dalamnya. Keintje mengatakan hal itu ditekankan sejak awal. Khususnya oleh manajemen baru Hotel Dinasti.
Etika dalam bekerja juga menjadi salah satu poin yang sangat diperhatikan. Bagaimana pun dalam perusahaan yang bertumpu pada aspek pelayanan, etika menjadi faktor penting untuk membangun kepercayaan pelanggan.
Sales and Marketing Manager, Evo Herawati, mengatakan tidak ada jalan lain kecuali memberikan pelayanan yang maksimal. Dia juga sadar dengan kelemahan yang dimiliki hotel tempatnya berkarier. Tetapi, sekali lagi itu bukan masalah besar. “Kalau sudah sampai di hotel, pasti akan puas dengan pelayanan kami,” jelas Evo.
0 komentar:
Posting Komentar